Tuesday, May 30, 2006

BUKU : KUNJUNGAN SEMULA

Antara sela-sela waktu membaca buku yang belum dibaca; saya tak lupa membaca kembali buku yang sebelum ini telah saya baca.

Saya suka menurunkan keratan dialog seorang watak yang bernama Simoun. Tuturnya :

".....Patriotisme dianggap sebagai kejahatan oleh kalangan bangsa penjajah, karena bagi mereka ertinya sama saja dengan perampokan yang diberi nama indah. Tetapi bagaimana pun peri kemanusiaan akan bisa terwujud, patriotisme akan selalu merupakan kebijaksanaan di kalangan rakyat yang tertindas, karena cinta tanah air itu selamanya bererti cinta keadilan, cinta kemerdekaan, cinta harga diri, sama sekali bukan mimpi bukan khayalan, bukan sekadar nyanyian lemah gemulai..."
(Demikian tutur Simoun dalam El Filibusterismo karya Jose Rizal)

Suka saya catatkan sedikit tentang pengarang novel ini.

Jose Rizal lahir di Laguna, Filipina pada 19 Jun 1861. Dalam usia 3 tahun sudah pandai membaca. Usia 8 tahun telah menulis sajak. Usia 9 tahun menguasai bahasa Latin. Usia 16 tahun mendapat Ijazah Sarjana Muda. Usia 24 tahun mendapat Ijazah Doktor Falsafah dalam bidang Ilmu Filsafat dan Sastera.
Novel El Filibusterismo (terjemahan Inggeris The Reign of Greed) merupakan lanjutan novel terdahulu Noli Me Tangere (Don't Touch Me)Novel Noli Me Tangere ditulis sewaktu berada di Madrid, Paris dan Berlin. Masa usia 31 tahun menubuhkan "Liga Filipina". Kemudian ditahan di Zamboanga oleh pemerintah (penjajah) Sepanyol.
Pada 30 Disember 1896 (masa usia 35 tahun) Rizal dihukum tembak oleh Pengadilan Militer.
Carilah sajaknya yang ditulis Rizal saat sebelum dihukum tembak bertajuk "Mi Ultimo Adios" (Salamku Terakhir bagi Tanah Air).
[Disesuaikan dari novel El Filibusterismo dialihbahasa oleh Tjetje Jusuf dengan judul Merajalelanya Keserakahan, terbitan Pustaka Jaya, Jakarta, 1994]

5 comments:

Kai said...

thanks 4 ur comment....
come back anytime....
love ur blog!

ufukhati said...

Thank you Kai :

Living is searching
and finding...

Kai said...

thank u so much again....

ur very welcome

Unknown said...

Saya sudah lama mencari Noli Me Tangere, masih belum berjumpa..

ufukhati said...

Tuan jiwa rasa,

Jika tuan berhajatkan buku itu saya sangup ikhtiarkan.
Sila nyatakan alamat tuan melalui e-mel saya :

ufukfikir@hotmail.com